adsensecham

Thursday, November 12, 2015

Contoh kesimpulan dan saran makalah



BAB VI
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Miastenia gravis adalah suatu kelainan autoimun yang ditandai oleh suatu kelemahan abnormal dan progresif pada otot  dan disertai dengan kelelahan semakin memburuk setelah beraktivitas dan berkurang setelah beristirahat. Penyakit ini  kemungkinan dapat diakibatkan oleh adanya antibodi trehadap reseptor saraf otot dan penggunaan obat-obatan seperti antibiotik, obat anti aritmia, difenilhidation, litium, clorpromazin, pelemas otot, levotrikosin, ACTH serta penggunaan kortikosteroid  intermiten  ini timbul karena adanya gangguan dari Synaptictrans mission atau pada neuromuscular  junction. Gangguan tersebut akan mempengaruhi transmisi neuromuscular pada otot tubuh yang kerjanya dibawah kesadaran seseorang (volunter).
Miastenia gravis  dapat didiagnosis dengan pemeriksaan laboratorium, imaging, pendekatan elektrodiagnostik. Penyakit ini diklasifikasikan sesuai dengan tingkat keparahan nya. Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal nafas, disfagia, krisi miastenik, krisis kolinergik.
Penatalaksanaan miastenia gravis  bertujuan meningkatkan pengobatan pada obat antikolinetrase dan mengeluarkan sirkulasi antibodi, terapi miastenia gravis mencakup agen antikolnesterase dan terapi imunosupresif yang terdiri dari plasma feresis dan timektomi. Secara garis besar, pengobatan Miastenia gravis berdasarkan 3 prinsip, yaitu mempengaruhi transmisi neuromuskuler, mempengaruhi proses imunologik, penyesuaian penderita terhadap kelemahan otot.
B.     Saran
Dengan adanya  makalah  ini, semoga dapat digunakan  sebagai pedoman bagi  pembaca baik tenaga kesehatan khususnya perawat dalam pemberian  asuhan keperawatan secara profesional. Selain itu pembaca diharapkan dapat mengaplikasikan tindakan pencegahan dan penanggulangan untuk menghindari penyakit miastenia gravis ini.
Makalah ini masih banyak kekurangan dalam hal penulisan maupun isi. Oleh sebab itu penulis mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan penyusunan makalah ini.

No comments: